Jejak dan Cerita

Student |Traveler |Sharia Economist Wanna Be


Leave a comment

Perdebatan Ruang TV

habis_nonton

 

Foto di atas diambil saat saya pertama kali nonton bareng di Bioskop. Jika saya tidak keliru kami menonton Om James Bond. Untuk kedua kalinya  pada sekuel Quantum of Solace ini Daniel Craig bermain. Kami memang lebih biasa nonton film action atau horror. Jika ketika terkait dengan film-film romantis religius seperti Ketika Cinta Bertasbih, Mihrab Cinta tentu kita anak JW3 nggak nonton bareng.  Alhamdulillah kami masih normal. Ataupun nonton konser dua dekade Kahitna, live music Maher Zain tentu kami masing-masing cukup selektif mengajak siapa. Hehe.  Biasanya mereka cukup ahli menyembunyikan dengan siapa mereka menonton.

Tapi setahu saya, nonton bareng James Bond itu merupakan jama’ah paling banyak. Kita kemudian jarang nonton bareng karena mungkin banyaknya kesibukan, tapi ada pula andil adanya TV di ruang berkumpul kami di ruang tengah. Dan disanalah banyak perdebatan terjadi.

Saat makan malam habis maghrib biasanya kita berdebat dan eyel-eyelan. Kayak calon pejabat kami diskusi terkait bangsa dan negara. Dari kasus subsidi BBM hingga kasus KPK Cicak versus Buaya. Aktivis bener bukan? Tapi semua berubah setelah jam nonton TV.  Ada dua kutub dalam acara berdebat menonton TV di ruang tengah. Satu kubu punya pandangan bahwa film-film bagus itu ada di HBO ataupun fox movies. Film-film Holywood, Britania Raya dan Eropa jadi acuan. Yang ada di golongan ini di antara Syarif, Sinyo, Fadly, Abas, Dani dan masih banyak lainnya.

Kutub kedua yang juga garis keras meski minoritas adalah para penikmat Celestial Movie. Pendukung ide utamanya adalah Lakso Anindito dan saya sendiri. Kami berpendapat film-film dengan wajah oriental lebih nyaman ditonton dan lebih ideologis. Lakso lebih suka film-film Mandarin, mungkin,  karena wajahnya yang oriental.   Sedangkan saya film Jepang dan Korea. Dua kubu besar ini kemudian berebut dan beradu argumen film mana yang lebih worth it untuk ditonton.

Uniknya, dari dua kubu yang berbeda tadi bersepakat bahwa FTV adalah tayangan wajib di pagi hari. Terutama Bang Fadly. Kalian bisa confirm semua judul FTV pada medio 2009-2010 sudah kami tonton semua. Mulai dari judul-judul aneh seperti “Pacarku Tukang Ojek”, “Cinta di Kandang Sapi”, “Kekasihku Orang Desa”  dan judul-judul sejenis. Bahkan, kami tahu ada seri FTV yang ditayang ulang. Plotnya pun selalu sama: (1) Melibatkan dua karakter berbeda, biasanya yang satu berlatar belakang sangat miskin satu sangat kaya (2) Ketemu tidak diduga  (3) Selalu bertengkar, berkonflik dan benci dulu (4) Karena sering ketemu maka benih-benih cinta muncul  (5) Ada orang ketiga, konflik pun terjadi (6) Jadian dan Happy Ending. Dah gitu-gitu aja😀

Untuk tayangan olahraga, biasanya perdebatan tidak banyak terjadi. Akan menonton bersama-sama jika final liga champion. Untuk MU maka akan ada Syarif dan Arief yang akan menonton. Chelsea main pasti ada Aulia disana. Jika Arsenal bermain, biasanya sepi dan hanya ada Sinyo di ruang TV😛 Yang tidak beruntung saya dan Agung Baskoro, kala itu Juventus baru jelek-jeleknya. Tidak ada stasiun televisi yang menyiarkan.

Apapun itu, perdebatan ruang TV akan selalu dirindukan. Dari mulai kekonyolan tak terperi, curhat-curhat, konsolidasi peta persebaran jajahan. Sloga kami perkuat pusat, perbanyak cabang.  Lalu taklupa momen makan malam bareng, makan oleh-oleh yang dibawa kawan kontrakan dari pulang kampung, termasuk pudding, cake atau kue yang penuh cinta dari para fans dan gebetan. Hehe.

Aduh mbak-mbak, andai kalian tahu siapa kami  :D

#KamiTidakBubar #JW3NovusOrdo


Leave a comment

Kerja Keras atau Kerja Cerdas?

museum_angkut

Dalam dua minggu belakangan ini setelah berinteraksi dengan banyak orang saat lebaran, mengikuti PK 70 LPDP di Wisma Hijau Depok dan IRSA 13 di Malang, pertanyaan pilih mana kerja keras atau kerja cerdas mulai terlihat benang merahnya. Untuk saya pribadi, lebih baik kerja keras untuk tipikal orang orang Indonesia. Kerja cerdas akan mengikuti.

Dari beberapa kolega kerja yang berhasil mencapai level ,’kerja cerdas’, saya melihat mereka sudah memulainya dengan berlatih dengan waktu panjang untuk hal-hal teknis. Misal belajar statistika dan ekonometrika lalu software Latex, Stata, R, Eviews, SPSS, matlab dan lain sebagainya. Hal yang sama juga terjadi menulis di koran atau jurnal. Diawali dengan menulis di koran/jurnal ditolak belasan atau puluhan kali. Namun kemudian mereka bisa mengolah data dengan cepat, menulis artikel yang masuk koran dengan rutin atau berderet -deret list publikasi di CV. Semua ada learning curve-nya.

Foto di atas diambil di Museum Angkut, Batu Malang sepekan yang lalu. Pedagang dahulu ternyata sudah pandai memaksimalkan potensi. Termasuk potensi sepedanya untuk membawa barang secara kolosal. Kerja kerja kerja, gajian gajian gajian, dolan dolan dolan 😀

#random #siap2sekolah


Leave a comment

Tentang Jaket Kampus

anu

Suatu waktu saya sedang belanja di sebuah toko kelontong dekat rumah. Agak unik, bapak yang menerima pembayaran saya tersenyum melihat jaket hoody yang saya kenakan. Jaket hoody kampus yang saya beli dengan diskon dari University Shop tempat saya menempuh program master. “Wah, bapak ini kenal kampus saya kali ya” batin saya. Eh dia kemudian berujar, ” Ha niku jaketipun tulisannya kok anu, mas [itu kok jaketnya kok tulisannya anu, mas]”. Anu. Kata multitafsir bin ambigu dalam bahasa jawa yang bisa dimaknai apapun. Jika ditanya orang, sekolahnya dimana. Kujawab “ANU mas”. mbalik nanya lagi ” kok ANU, ANU napa mas?” Percakapan pun jadi zingg. Nah,Nggak jadi bangga deh sama sekolah. Makane ora oleh sombong le. leh mu sekolah nengendi. Ona anu. Urip mung mampir ngombe, Hidup itu cuman mampir minum.

Lha, apa perlu saya jelaskan bahwa ‘ANU’ adalah salah satu kampus di Ibu Desa Australia. Dan membaca ‘ANU’ itu harusnya ei-en-yu. Kemudian apa juga perlu di-jlentrekkan bahwa ANU menurut QS ranking world ranking di tahun 2016 termasuk ranking 19 dunia dan menurut Time Higher Education (THE) tahun 2016 masuk 51 besar dunia? Lulusannya pernah menduduki jabatan menteri di Indonesia mulai dari Menteri Keuangan, Menteri Luar Negeri, Menteri Perdagangan dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif misalnya. Lak yho ora perlu tho yho kang?

Jangankan ANU. Lha wong ada cerita unik dari teman saya yang diterima di Harvard University. Ia sempat terdiam membisu mendengar jawaban Ibu-nya ketika dia memberikan kabar baik akan diterimanya dia. “Buk, kula ditampa Harvard [Ibu, saya diterima sekolah di Harvard]”. Ibunya pun menjawab, “Harvard iku apa tho, le? [Harvard itu apa tho, nak]”. Gimana nggak mesem. Dan ini bagian yang membuat saya bangga dengan almamater saya. Si Ibu meneruskan, “Iku karo UGM luwih apik endi? [itu dengan UGM bagusan mana?]. 😀 . Begitulah kira-kira percakapannya. Menurut teman saya, Ibu tetap bahagia, karena jika anaknya menganggap itu baik maka beliau percaya itu kampus yang baik dan bagus. Nderek sungkem nggih Bu. [note buat temenku: kalau ada redaksi yang salah monggo diedit. hehe]

Katanya hari ini ANU ulang tahun yang ke-70, mirip nih dengan angkatan persiapan keberangkatan (PK) saya juga yang ke 70. Kampus tersebut merupakan tempat dimana sentuhan pertama saya dengan dunia Internasional, bertemu banyak bangsa-bangsa di dunia. Umur 70 itu termasuk muda jika dibandingkan dengan kampus-kampus terbaik lainnya. Semoga terus bisa menelurkan agen perubahan dunia. Naturam Primum Cognoscere Rerum. First to learn the nature of things.

#OurANU70th


7 Comments

Untung Ada Calo di Camp Nou

Apakah teman-teman pernah bersinggungan dengan calo? Kalo pengalaman saya selama di Indonesia, interaksi dengan mereka selalu pahit. Baik itu calo tiket kereta api di Stasiun Senen atau calo tiket nonton sepakbola di Senayan. Saya menganggap mereka itu orang suka cari untung dan hobinya naikin harga tiket seenaknya, bahkan hingga dua kali lipat! Tapi, karena kita memang butuh mereka di saat yang genting, yaaaa akhirnya ngalah dengan harga mereka dan calo-lah yang menang. Kitapun rugi karena membayar lebih dari harga resmi. Tapi ada kalanya, berhadapan dengan calo itu menguntungkan.

Ini kisah saya … (dibaca dengan nada seperti inem🙂 )

Awal mulanya ketika saya berada di Barcelona bersama istri. Waktu itu alhamdulillah ada rejeki bisa nemenin Istri selama kurang lebih tiga minggu pada medio Mei 2012. Kebetulan, istri saya nge-kost di daerah yang hanya 5 menit jalan kaki dari Stadion Camp Nou. Stadion kebanggan publik Catalan. Seperti biasanya sebelum pertandingan dimulai, daerah tempat nge-kost-nya istri kami ramai dengan pendukung Barca hingga parkir kendaraan penuh. Kata istri saya, bus yang lewat di Camp Nou pun sengaja dialihkan untuk tidak lewat stadion.

Hari itu kesebelasan kebanggaan publik catalan, Barcelona FC, akan menjalani laga perempatan final home mereka melawan AC. Milan (yang beritanya ada di-sini). Pada laga sebelumnya, Blaugrana ditahan imbang 0-0 di stadion San Siro, Milan, di Itali. Banyak yang pengen nonton karena dianggap akan terjadi pertarungan sengit. Teman-teman istri sudah berangkat semua ke cafe-cafe untuk menononton laga yang mempertemukan Raksasa Spanyol dan Juara Serie-A ini. Mereka biasanya lebih sering nonton di Cafe karena mungkin lebih murah dan masih dapat atmosfer nonton barengnya.

Konon, harga tiket liga Champion super duper mahal. Ini Liga Champions, bro! Kumpulan para juara Eropa! Siapa yang nggak mau nonton? Saya dan istri lalu mencoba mencari di internet kali aja ada tiket murah dan kita bisa nyempil nonton meski dari tribun yang sangat jauh, jadi ngeliat para pemain kayak titik-titik bulet-bulet gerak😛 Mungkin bisa dilihat contohnya ketika istri saya ngikut perayaan di tribun paling jauh ketika ada tiket gratisan masuk Camp Nou (gambar di bawah).

barcelona-celebration

Perayaan setelah memenangkan pertandingan melawan MU di tahun 2011

Mau berangkat atau tidak? Itu pertanyaan yang krusial. Karena melihat keadaan dompet, bisa ditebak, kami akhirnya memutuskan untuk cuman jalan-jalan ngeliat Camp Nou saja :P  Minimal ngerasain atmosfer di luar stadion lah, udah jauh-jauh nggak ada pengalaman kan sayang. Saya ambil jaket, karena waktu itu agak dingin,  dan kami berdua jalan kaki menuju stadion. Saat kami datang di sana,  suasana luar stadion agak sepi karena penonton sudah pada masuk. Biar nggak cengok, kami “thawaf” keliling Camp Nou. Jelas, ini bukan dalam rangka ibadah😀

Akannnn tetapiiii, suasana di dalam stadion sungguh menggoda ketika upacara sebelum pertandingan dimulai. Official Anthem Liga Champion yang sangat khas itu diperdengarkan dan kedengaran hingga luar stadion memanaskan telinga dan dada saya. (lagunya bisa didengar disini).

“Die Meister (German); Die Besten (German); Les Grandes Équipes (French),  The Champions”. Kalo English Version-nya artinya: The Masters;The best;The biggest teams;The Champions.

Lagu dan liriknya sangat Mistis! Apalagi bagian Chorusnya, Fenomenal! Ditambah riuh suara penonton di dalam stadion, membuat dada ini menggelegak. Waaaaaa, saya nggak kuatttt. Akhirnya merayulah ke istri buat beliin tiket berdua wkwkwk.  Kapan lagi. Seumur-umur. Yaiyalah, saat itu kantong saya nggak ada Euro Rupiah juga deng 😛

Namun ternyata dapat tiket liga champion secara go show nggak gampang. Awalnya, kami cek di loket tiket, ada dua tiket yang paling murah sekitaran 85 Euro untuk satu orang. Eeeee ternyata dua tiket itu berjauhan. Yang satu sayap kiri satu sayap kanan. Masak dadah-dadah. Akhirnya saya nglokro dan njuk nggak gitu semangat. Kata istri, temennya rekomendasiin beli di calo. Waa ini, saya kapok berhadapan dengan calo. Dia lalu menambahkan, dan ini menarik, bisa lebih murah jika pertandingan dimulai! Masalahnya, kami malah dijauhi sama calo, kami mendekat mereka malah mlengos, bukan wajah penonton bola kali yak. Kami saltum juga sih sebenarnya, cuman pakek jaket dan nggak ada atribut Barcelona sama sekali. hoho.

Rejeki memang tak kemana, setelah mencoba jalan ke arah jalan masuk, ada seorang calo, kayaknya sih keturuan Maroko atau Aljazair. Dia bilang “Two Tickets! Two Tickets!” mencoba menawarkan ke kami dengan aksen arab/afrika. Terus dia bilang ” This ticket worth 114 Euro each. But, I’ll sell to you two of them 160 Euro”. Istri nolak, akhirnya nawar, 130 Euro. Awalnya si Bapak, keberatan, terus kami pakek jurus mlengos seakan mau pergi, eee dia mau :P  Jadi dapatnya satu orang  65 Euro untuk tiket seharga 114 Euro. Malah dia sekalian nganterin ke gate tempat cek tiket. Hoho.

Fenomena murahnya tiket ini dalam teori ekonomi (jika tidak salah) dinamakan Time Utility, Nilai Guna Waktu. -Azik, kepakek juga ilmu kuliah😛 – Suatu benda akan mempunyai nilai lebih setelah mengalami perubahan waktu atau pada waktu-waktu tertentu. Dalam kasus tiket ini karena “barang”nya berupa nonton bola selama 90 menit, maka kalo udah selesai pertandingan tadi, nilai tiket yang VIP yang harganya 500 Euro sekalipun jadi tiada artinya.

Contoh lainnya, misal kamu juragan toilet di terminal, pas ada penumpangturun yang  sangat kebelet hingga sudah mencapai ujung.  Bisa kok kamu naikin tarif jadi 10 ribu untuk masuk WC. Dia susah untuk menolak karena memang pada saat dimana sangat dibutuhkan. Dan contoh terakhir ini adalah contoh yang kejam😛

Tiket Liga Champion yang kayak fotokopian

Saat berlari-lari masuk ke stadion kami sempat nggak percaya karena tiketnya kayak cuma fotokopian, tapi pas di-scan lolos-lolos aja. Lega deh. Pas masuk stadion, stadion pada riuh, ternyata AC Milan ngegolin. Karena belum nemu tempat duduk kami duduk di tangga (dasar orang desa), diingetin sama bapak-bapak steward, lalu ditunjukkin ke kursi kami. Ternyata pengaturan kursi disini tertib, jadi kalo beli tiket dijamin dapat tempat duduk. Alhamdulillah, kita dapat tiket nonton liga champion di tribun yang agak dekat, jadi masih bisa lihat Messi atawa Ibrahimovich.

Messi ketika siap-siap mengambil pinalti

Messi ketika siap-siap mengambil pinalti

Pengalaman ini mungkin bisa diaplikasikan jika memang nggak ngebet-ngebet amat mau nonton karena ada probabilitas nggak nemu calo juga,. wkwkwk. Dan, dengan catatan dimulai pada menit ke 30, atau ada yang mau nyoba menit ke 80 baru beli?😀
Matur Nuwun Pak Calo!

Note:

  • Suasana stadion dan bagaimana pertandingan berlangsung mungkin sudah terlalu mainstream, jadi saya nggak tulis di sini. Hehehe.
  • Penyebutan angka harga tiket bukan karena belagu, ngeliatin punya duit, inginnya sebagai gambaran rill aja misal mau nonton. Semoga berkenan. FYI, habis beli tiket, kami langsung ngirit😛
  • Saya Juventini!😀

signature-pugo


8 Comments

Selamat Datang ke Dunia, Fiza

Selamat datang, Cinta🙂 Mohon maaf jika Bapak baru sempat menuliskan kekata ini setelah nunggu 3 bulan pasca kelahiranmu. Maafkan pula Bapakmu ini yang nggak nemenin Ibuk-mu ketika kau lahir. Bapak dan Ibuk akhirnya memutuskan Bapak nggak pulang dulu ke Jogja. “Nanti habis ujian saja”, kata ibuk. Yasudah, karena Bapak yakin Ibuk-mu siap dan malah takut kedatangan Bapak bikin Ibuk nggak tenang (karena kudu ngurusin Bapak :P). Banggalah, karena engkau dilahirkan oleh seorang ibu yang pemberani dan sabar (Meskipun nanti agak galak-galak dikit nggakpapa ya, Fiza :P).  Karenanya, Bapak jadi nggak was-was ketika akhirnya memutuskan tidak melihatmu ketika pertama kali melengkingkan tangismu di Ahad, 7 Juli 2013.

Terkait namamu, jika kau ditanya oleh Bapak atau Ibu gurumu, atau temanmu inilah jawabannya. Nama lengkapmu adalah: “Fatihatun Hafiza Sambodo”, kenapa namanya seperti itu? Fatihatun itu berarti kamu adalah anak pertama dan pembuka, pembuka kebahagiaan orang tua, juga pembuka/awalan sebelum adek-adekmu nanti. Kamu pengen punya banyak adek juga kan? hehe. Hafiza itu artinya penjaga, artinya harapan bapak kamu nanti ketika menjalani hidup dapat menjaga diri, ketahuilah bahwa nanti godaan syaithan dan dunia sungguh dahsyatnya. Maka, tetaplah pada jalan yang sudah ditunjukkan oleh-Nya. Harapan yang lain supaya nanti engkau bisa menjaga Al-Quran dalam diri. Yuk, kita belajar bareng-bareng nanti :)  Yang terakhir adalah Sambodo, kok mirip punya bapak? Hehe iya, sebenarnya ingin ada unsur “jawa” dalam namamu, kebetulan Sambodo adalah kata yang dipilih oleh Kakekmu/Eyang Kakung, Ngadimun Salamun, yang artinya amanah dan bertanggung jawab atau selaras antara apa yang diucapkan dengan laku. Kakekmu itu orang yang hebat, oleh karena itu aku sematkan nama pemberian Kakek dalam namamu.

Bapak pengen nulis yang banyak, tetapi Bapak bukan pujangga, Bapak hanya seorang mahasiswa esdua yang kehabisan kata-kata🙂 Bukan apa-apa, karena kebahagiaan akan datangnya dirimu ke dunia ini tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata, sayang. Hanya doa akan kebaikan selalu untukmu yang akan Bapak ucapkan setiap selesai shalat:

25-74

“Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami isteri-isteri kami dan keturunan kami sebagai penyejuk hati, dan jadikanlah kami sebagai pemimpin bagi orang-orang yang bertakwa.” (QS. Al-Furqan:74)

Fatihatun Hafiza Sambodo (Fiza) saat umur 3

Fatihatun Hafiza Sambodo (Fiza) umur 3 bulan

Canberra, 14 Oktober 2013
signature-pugo


4 Comments

The Future of Islamic Finance in Australia: Ringkasan Kuliah Singkat

ANU memang menawarkan banyak hal dan fasilitas bagi mahasiswanya untuk belajar. Salah satunya adalah menyediakan ruang diskusi, sharing, update ilmu bagi civitas akademika sekaligus masyarakat umum dengan mengadakan seminar dan dialog. Semuanya itu gratis, meskipun yang jadi pembicara orang-orang terkenal😀 Tinggal registrasi klik-klik bentar. Beres sudah. Oh iya, setahu saya, jumlah seminar maupun diskusi yang diadakan di sebuah kampus juga merupakan tolak ukur bagus tidaknya kampus. Jika di Indonesia, itu nanti menjadi penilaian dalam akreditasi kampus.

Contoh kuliah gratis yaa kuliah singkat tadi siang saya ikuti. Habis lunch, Crawford School mengadakan  kuliah  tentang masa depan Keuangan Islam di Australia.  Kuliah ini  menghadirkan  Talal Yassine OAM seorang Honorary Professorial Fellow di Crawford School of Public Policy ANU. Kalau nggak salah, beliau masih baru di Crawford dan kuliah ini adalah kuliah pertamanya.

Saya tertarik untuk mengikutinya karena keingin tahuan saya mengenai perkembangan  keuangan berbasis nilai Islam di Negara Kangguru ini. Dua tahun di sini masak nggak tahu apa-apa tentang bagaimana perekonomian Islam berkembang kan lucu (soalnya saya sarjana Ekonomi, meski kadang malu juga ada gelar S.E di belakang nama. Ngrasa nggakpantes :P). Ekspektasi saya dengan mengikuti kuliah ini nantinya bisa tahu apa benar keuangan Islami sudah berkembang ? Karena setahu saya di ranah akademik ada beberapa  beberapa program doktoral dan master Keuangan Islam di La Trobe University, Melbourne. Lalu apakah itu berbanding lurus dengan perkembangan kegiatan keuangan Islaminya?

34e649c7-1ec3-4cd4-9d62-75df269a4728wallpaper

Pendahuluan

Dalam kuliah tersebut Prof. Talal mengawalinya dengan dasar-dasar keuangan Islami secara singkat apa itu 5 pilar keuangan Islam.  Kemudian dilanjutkan dengan filter, yaitu apa saja yang  dilarang dalam keuangan Islami baik yang bersifat kuantitatif maupun kualitatif. Filter kualitatif bisa berupa tidak boleh menginvestasikan uang pada bisnis produk yang dilarang oleh Islam secara umum misal yang mengandung riba/interest, minuman keras, tembakau, judi, senjata untuk perang dan pork. Selain itu ada filter kuantitas dimana ada ukuran dan syarat  keuangan tertentu yang perlu dipenuhi agar aman bagi investor untuk berinvestasi dan tidak terlalu berisiko. Singkatnya, kata beliau, keuangan Islami itu bersifat: low risk, low return.

Beranjak ke bagian kuliah selanjutnya, Prof.Talal menunjukkan beberapa data demografi pertumbuhan komunitas muslim di Australia. Secara umum, populasi muslim di Australia dari tahun 2006 meningkat hingga 40% dimana sebelumnya 340.392 jiwa menjadi 476.291 jiwa pada tahun 2012.  78 % dari jumlah tersebut kebanyakan tinggal di Sydney dan Melbourne.  Apabila menilik pada profil umur, 97% usia mereka di bawah 65 tahun dan 50% berumur antara 25-44.  Ketika melihat jumlah , dimana muslim di Australia hanya 2.1% dari 23 juta total penduduk, maka sepertinya muslim hanya seujung jari. Namun, Prof. Talal mempersuasi audiens bahwa meski kecil, potensi ke depan dan perkembangan ekonomi muslim  di Australia sangat menjanjikan. Prof. Talal melakukan proyeksi bahwa pada tahun 2020 nanti dengan sistem dana pensiun yang berlaku maka ada sekitar $22 Miliar yang nantinya berasal dari Muslim Australia. Sungguh jumlah yang tidak sedikit. Beliau menambahkan,  muslim di Australia, menurut beliau tetaplah sama seperti citizen Australia yang lain. Mereka mencari great deal dan itung-itungan,  namun, mereka berusaha tetap sharia compliance/ sesuai  dengan syariah Islam [Pas banget, khutbah shalat ied di Canberra kemaren berisi perintah menjauhi Riba!].

Selain melihat populasi muslim di Australia. Para pelaku keuangan di Australia, menurut Prof. Talal sebaiknya juga mencari potensi lain, misalnya ada banyak dana dari Timur Tengah seperti di Arab Saudi, Qatar, Uni Emirat atau mungkin Malaysia (Waduh pak, Indonesia kok nggak disebut :P). Beliau menjelaskan bahwa Australia punya apa yang tidak dipunyai oleh Timur Tengah: sumber daya alam, good education and health system sehingga banyak sumber daya manusia yang baik, teknologi, serta aturan hukum yang jelas. Di sisi lain, Negara Arab mempunyai dana yang besar dan itu tidak dipunyai Australia. Sedangkan Australia sedang butuh-butuhnya dana untuk menggenjot proyek Infrastrukturnya.

Hingga saat ini, kata Prof Talal, hanya sedikit dari institusi-institusi Islam global yang  melirik Australia. Banyak investor dari timur tengah yang menginvestasikan dananya ke Australia, tapi itu bukan berarti selalu investasi Islami. Meskipun begitu, ada beberapa lembaga keuangan di Australia yang menunjukkan ketertarikannya dengan sistem keuangan Islami seperti ANZ Bank melalui AM Bank di Malaysia atau kemudian saat ini NAB Bank berencana untuk issue Islamic Bond/Sukuk untuk melakukan diversifikasi atas bond mereka.

10227432-dcab-475d-b760-c855f0f18661wallpaper

The Go North and Turn Left Strategy

Prof. Talal  menekankan, bahwa Amerika dan Inggris sudah lebih maju dalam perkembangan keuangan Islami. Saat ini ada 22 lembaga keuangan di UK yang menawarkan produk keuangan Islam,  lalu muncullah seperti jawara keuangan Islam di Inggris Bank of London and Middle East  (BLME) yang merupakan Institusi keuangan Islam terbesar di Eropa. Keuangan Islam juga tidak berarti kudu muslim, itu ditunjukkan dengan data bahwa  banyak dana yang masuk di Saturna’s Capital (punya Malaysia) 90% pemberi dananya  tidak ada hubungan keimanan dengan Islam.

Pengennya sih, Australia itu mengikuti US dan UK dengan cara bridging seperti BLME yang akhirnya berhasil. Prof. Talal menawarkan strategi pengembangan keuangan Islami di Australia dengan menuju ke Asia terlebih dahulu seperti Indonesia (akhirnya disebut :P), Malaysia, Philipina, Thailand untuk mencari peluang bisnis yang bisa dimasuki karena jumlah populasi muslimnya yang banyak. Kemudian mengarah ke Timur Tengah untuk melihat adakah potensi dana investasi yang bisa digunakan oleh Australia untuk membiayai pembangunan seperti infrastruktur dan sector riil lainnya. Dia menyebutnya dengan “The Go North and Turn Left Strategy” [Sebenarnya bagian ini yang paling menarik, cuman saya agak lost. So, jika kurang detail maap yah :D] .

Kuliah ini ruangannya rame, tapi nggak penuh sesak juga sih. Hehe.  Diskusi dan tanya jawab berlangsung cukup singkat  karena cuman satu jam. Pertanyaan berkisar pada bagaimana dengan resistensi politik di Australia terhadap value Islam yang akan masuk.  Beberapa penanya yang lain menanyakan lebih lanjut mengenai praktek keuangan Islami lebih riil-nya seperti apa, contohnya pada Superanuation,  karena memang banyak dari peserta kuliah yang masih belum memahami praktek keuangan Islami dan apa bedanya dengan yang mereka ikuti saat ini. Well, karena  ini judulnya ringkasan, saya nggak terangin disini [karena lupa nyatet juga sih, bahasa inggris soalnyah :P]

Okeh, udah malam, saatnya saya kembali ke assignment!😀

Canberra, 13 Agustus 2013

signature-pugo


Leave a comment

Cara Dapat Diskon Tiket Garuda-Indonesia dengan Kartu PPIA

gambar-garuda-indonesia

Alhamdulillahhhh, 16 Juli yang lalu saya akhirnya bisa pulang ke Jogja selama seminggu. Melihat putri tercinta, Fiza, untuk pertama kalinya, setelah kemarin waktu lahiran nggak ditemenin Bapaknya (Maafkan daku anakku😦 ). Rencananya sih mau nemenin, cuman karena program matrikulasi di kampus jadwalnya sangat padat dan penuh dengan tugas ujian maka rencana pulang nemenin lahiran dibatalkan. Jempol buat istriku yang pede buat lahiran sendiri tanpa ditemenin suaminya. Tapi misalkan ada suaminya, bisa jadi malah panik. hehehe.

Pas ketika jadwal matrikulasi udah selesai, maka  tibalah saatnya untuk mencari tiket yang paling murah dan available. Saya memutuskan memakai Garuda karena ini maskapai kebanggaan bangsa Indonesia, dan emang dari pengalaman lebih enak daripada maskapai yang dipunyai OZ😛 Disinilah saya ingin berbagi bagaimana mendapatkan diskon tiket tersebut, karena ketika saya mencoba mencari di mbah-Google terkait hal ini belum bisa saya dapatkan informasi yang cukup jelas (Disclaimer: Bisa aja karena saya kurang teliti :)). Meski nggak lengkap-lengkap amat, Semoga tulisan ini berguna dan bisa jadi referensi awal.

Pertama-tama, saya mendapatkan informasi dari beberapa teman yang mau pulang ke Indonesia bahwa ada promo atau diskon dari Garuda untuk mahasiswa indonesia di Australia yang tergabung di Perhimpunan Pelajar Indonesia-Australia (PPIA). Diskonnya lumayan besar: 20%. Bagi saya yang tabungannya belum banyak, diskon 20% itu udah cukup gede. Misalnya dengan harga tiket $1000 terus kita dapat diskon 20% saja, hasilnya kita hanya perlu membayar $800. Jumlah diskon $200 itu jelas sesuatu. Walaupun kudu ngerjain paper works tetep layak untuk dijabanin alias diperjuangkan!😛

Syaratnya nggak ribet dan dapat dilihat di link PPIA ANU ini:

[1] Scan Kartu Mahasiswa/ Student ID kampus dimana kita belajar. Kalau ini yang sudah mahasiswa pasti sudah punya jadi nggak perlu dibahas. hehe

[2] Scan Kartu anggota PPIA. Nah, untuk mendapatkannya maka kita mesti mendaftarkan diri menjadi anggota PPIA. Untuk kasus mahasiswa ANU, maka saya kudu mendaftar di PPIA-ANU. Untungnya saya sudah punya kontak dengan ketua PPIA ANU saat ini yang bernama Vina, anak undergraduate di College of Business and Economics. Setelah kontak-kontakan dengan dia, saya akhirnya bisa mendapatkan kartu anggota PPIA ANU. Vina sangat ramah dan sangat membantu  sehingga prosesnya menjadi mudah. Oh iya, untuk mendapatkan kartu itu kita perlu membayar $5, nggak banyak-banyak amat bukan?

[3] Scan Paspport

[4] Itenerary atau jadwal penerbangan yang diinginkan, ini dicantumkan ketika melakukan reservasi via email.

Ketika persayaratan awal tadi sudah lengkap, maka kita perlu untuk menelpon kantor Garuda di Sydney untuk meng-arrange jadwalnya karena bukan reservasi biasa yang dilakukan melalui internet atau agen. Pada fase ini saya mengalami kebingungan dikarenakan kendala bahasa, apalagi waktu telponan ama Customer Service sering saya nggak nyambung. hehe. Misalkan, terkait rute, dari info yang ada di website PPIA ANU tertulis bahwa rute yang mendapatkan diskon adalah Sydney-Jakarta. Padahal, pada jadwal yang saya inginkan tidak ada untuk rute tersebut, sedangkan jika saya terbang Sydney-Denpasar ada.  Lalu apakah saya tidak mendapatkan diskon? Banyak pertanyaan yang terlintas, cuman lidah ini kelu sehingga kurang maksimal menyampaikan. Dari percakapan itu akhirnya saya diminta untuk mengirim email itenerary, scan Kartu anggota PPIA, scan student ID dan scan passport ke email: <reservations@garuda-indonesia.net.au>. Saya cuman yes-yes-yes saja😀

Setelah menunggu sehari, saya mendapatkan booking reference tiket yang saya inginkan. Hanya saja kok harganya masih sama dengan harga biasa? Batin saya. Kayaknya memang mbak-nya kemaren ndak nangkep maksud saya😀 Saya kurang beruntung waktu itu karena CS yang saya telpon tidak bisa berbahasa Indonesia, dan cilakanya saya nggak mahir bahasa Inggris, jadi mungkin ada message saya yang nggak ketangkep ama mbak yang nerima telpon dan begitupula sebaliknya. hehe. Nah, jadi teringat istri saya nganggur di rumah (pesennya pas belum lahiran ini, kalo pas lahiran nggaklah :P), maka saya berdayakan dia untuk ngurus tiket, beginilah enaknya kalo punya istri lebih jago bahasa Inggrisnya. Eh ternyata, kok istri saya dapat CS yang bisa bahasa indo, kemudian istri saya menanyakan detail terkait rute dan harga diskon. Berdasarkan diskusi dengan CS tadi, kami baru tahu kalo rute Sydney-Denpasar juga mendapatkan diskon, tapi rute domestiknya (Denpasar-Jogja) tidak. Tambahan lainnya, harga yang didiskon itu yang belum termasuk pajak, tapi nggakpapalah daripada nggak sama sekali. Kami pun kemudian memesan tiket dengan rute Sydney-Denpasar-Jogja PP. dengan harapan transitnya gampang dan nggak perlu repot ngurus bagasi.

Selanjutnya, kami pun mengirim semua persayaratan ulang dan mendapatkan file pdf tentang “Credit Card Authorisation Visacard/Mastercard”. Nanti kita menuliskannya secara detail dan petunjuknya ada di dalam formulir. Nah gimana jika kita nggak punya kartu kredit? Tenang, katrok-nya saya, saya kira nggak punya dan mau pinjem credit card istri. Saya baru tahu dengan debit card yang kita punya yang ada lambang visa atau master card itu bisa digunakan untuk pembayaran tiket dan transaksi lainnya (kebetulan saya pakai Commonwealth Bank dan diterima). Asalkan, pada complete account kita saldonya mencukupi🙂 Langkah selanjutnya adalah mengisi formulir selengkap-lengkapnya, scan dan kirim deh ke email kantor pelayanan tiket Garuda Indonesia di Sydney : <syd.ticketoffice@garuda-indonesia.net.au>. Tak lama, saya mendapatkan file pdf tiket elektronik di Inbox email saya.  Yippie! akhirnya bisa nengok Fiza🙂

NB: Setelah diskusi dengan senior, kalo mau yang lebih murah bisa menggunakan maskapai FlyScoot, tapi tetep kudu transit ke Singapore. Nanti dari Changi bisa milih ke tujuan kita di Indonesia, kan banyak tuh.  Bagi yang tidak tergesa-gesa sepertinya saran itu bisa jadi opsi. Anyway, saya puas dengan pelayanan Garuda dan itu bikin saya makin bangga dengan Indonesia. Terimakasih Garuda!🙂

Canberra, 27 Juli 2013

signature-pugo

 

 

 

Update per tanggal 17 Desember 2013:

  • Karena ada yang menanyakan apakah  tiket bisa digunakan selain student, setahu saya tidak diperbolehkan🙂
  • Ada kabar baik! Sekarang anggota keluarga bisa mendapatkan fasilitas ini, kemarin istri diminta attach surat nikah. Jadi bagasi kita bisa sampai 80 Kg!  Untuk anak mungkin perlu nanya lebih lanjut ke CS-nya😀
  • Ada beberapa rekan lain yang menyarankan menggunakan travel Netfare sebagai alternatif selain menggunakan Garuda dengan harga yang cukup kompetitif. Jadi mending cek web Netfare dulu sebagai pembanding🙂