Banyak Cara Menyemangati Mengerjakan Skripsi

Bingung juga jika weekend ada di Jakarta. Bingung mau kemana. Ya akhirnya mencari suasana lebih akademis di Institut Pertanian Bogor. Kampus yang sudah 5 kali aku kunjungi sampai kali ini. Dan mungkin sebulan ke depan akan sering kesana. Kurang kerjaan bener ya aku.

Anyway, akhirnya ketemu juga nuansa akademis. Bukan di kampus, akan tetapi persis setelah ada di kamar teman saya. Dia juga sedang mengerjakan skripsi. Sebagai tambahan informasi, aku belum lulus dan masih menambal beberapa lubang kesalahan draft skripsi.

Nha, yang menarik adalah upaya temanku ini untuk tetap fokus menyelesaikan tugas akhir dalam kehidupannya di kampus. Akan aku tulis pesan-pesan yang dibuatnya yang ditempel di depan meja belajarnya. Aku terpana sesaat, sungguh sangat bersemangat dia. Kulihat lekat-lekat.

Pesan #1:

“Janganlah pernah merasa dirimu cukup. Teruslah Perbaiki diri, tingkatkan ketaqwaaan, keikhlasan dan kualitas. Tak Perlu hiraukan orang lain. Teruslah berlari menuju Rabb-mu dengan segala kekuatan.”

Pesan #2:

Dengan menulis skripsi 3 jam per hari, insyaAllah:
Mei = Lulus
Juni = Tour de Java, Borobudur, Krakal, Bromo, Sidoarjo
Juli = Wisuda
September = ??? Siap!!!

Pesan #3:

Daftar Iqob
Tidur lebih dari 6 jam per hari Rp 1000
Tertinggal Shalat berjamaah Rp 1000
Meninggalkan Tahajud Rp1000
Meninggalkan Shaum Sunnah Rp1000

Pesan #4:

Masihkah kau berdiam diri sedangkan, masih belum punya bekal untuk akhirat nanti? Masihkah engkau bersenang-senang sedangkan Izrail sudah berada tepat di belakangmu

Pesan #5:

Berubah 3 M mulai dari diri sendiri, mulai dari yang kecil dan mulai dari sekarang ^^V

Pesan-pesannya melecut, bagus dan menantang. Melecut karena menjewer kita yang kadang lupa. Bagus karena dengan membacanya tiap hari kita selalu ingat untuk apa kita mengerjakan skripsi. Dan, menantang karena di depan ada kerja-kerja yang lebih menyenangkan setelah melalui status mahasiswa. Ada beberapa yang kemudian berpotensi menipiskan kantong.

Akhirnya kemudian aku lihat wajah senyam-senyum temanku ini: polos dan kadang lebih tepatnya lugu. Aku pun berkesimpulan: Skripsi yang baik adalah yang dikerjakan.

Jakarta, 3 hari menuju Final Draft, 25 Juni 2010
Semangat kawan! ^^V

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s