Gerbang-Gerbang Ruang Inspirasi

Alhamdulillahirabbil Alamin, segala puji bagi Allah Rabb semesta alam yang telah memberikan hamba-Nya yang fakir ini kesempatan untuk masih bisa berkarya. Karya ini bukan apa-apa tanpa uluran-uluran tangan mulia yang rela berbagi, rela memberi, tak jemu menyemangati, tak bosan mengingatkan.

Salam ta’dhim kuberikan kepada ayahanda tercinta Ngadimun Salamun, meski sudah tidak bersama, pesan-pesan Bapak untuk selalu memberi amal yang terbaik selama ada di dunia akan selalu anakmu ini ingat. Ibuku, Meity Musrinah, wanita tangguh yang mengajarkanku kesabaran serta kerja keras. Ibu yang selalu memberi kebebasan anaknya untuk berkarya sesuai keinginan anaknya dan yang selalu berpesan untuk disiplin dalam shalat dan mengaji Al Quran.

“Ya Tuhanku, ampunilah dosaku dan dosa ayah ibuku, sayangilah mereka sebagaimana mereka menyayangiku sewaktu aku masih kecil.”

Kedua mas dan mbak, Retty Ikawati dan Feby Chadimun Putra, yang dengan sabar menyayangi dan membimbing adiknya yang masih selalu merepotkan. Salam sayang selalu untuk keluarga besar Bani Salamun dan Bani Musbahur Ali yang selalu memberi keceriaan dan kebahagian.

Rasa hormatku kepada para guru-guru atas ilmu yang diberikan dari mulai mengeja “Ini ibu Budi” di TK Aisyiah Busthanul Athfal Karang Bendo, belajar mencongak di SD Nologaten, memegang komputer pertama kali di SMPN 5 Yogyakarta, mengajari integral, matrix dan logaritma di SMAN 1 Yogyakarta, hingga guru-guru yang mengenalkan Indifference Curve, Budget Constraint, di Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada.

Thank you so much untuk Tim Seleksi Ujian Masuk UGM, yang menempatkan namaku di daftar mahasiswa jurusan yang benar-benar TEPAT: ILMU EKONOMI yang akhirnya mempertemukanku dengan sahabat-sahabat terbaik Angkatan Emas Ilmu Ekonomi 2005. Aku bahagia menjadi bagian dari kalian kawan. Tak tahu rasanya seperti apa jika 5 tahun tanpa kalian. Yell “IE IE IE IE IE!” yang pertama kali kita teriakkan akan selalu membahana dalam sanubari. Di manapun kalian berkarya mari buktikan kita bisa berbuat untuk negeri ini dan dunia ini.

Terimakasih kepada Laboratorium Ekonomika dan Bisnis Islam (LEBI), Pusat Studi Asia Pasifik UGM, beserta para dosen yang memberikan kesempatan nyantrik menimba pengalaman kerja dan bekerja sama dengan menjadi asisten peneliti, antara lain bapak Mudrajad Kuncoro, bapak Budi Santoso, bapak Dumairy, Mas Puspito, dan mas Ahmad Akbar Susamto. Begitupula dengan bapak Muhammad Ikhsan, ibu Denni Puspa Purbasari dan bapak Yoga Affandi yang selalu mendukung dan memberi kesempatan untuk segera meraih kelulusan serta memperbolehkan pulang balik Jogja–Jakarta, meski masih bergelut dengan data kemiskinan di Kantor Sekretariat Wakil Presiden.

Tim Akreditasi Jurusan Ilmu Ekonomi IEFive yang selalu membantu dan menyemangati. Dimas: skripsi ini tidak akan pernah diujikan tanpa bantuanmu Bro, terima kasih banyak ya. Ayu’: terima kasih daftar isi-nya Yoex. Haidy: iya Dy pendadaran memang harus fokus, thanks. Dan, mbak Prita: makasih banyak mbak atas sharing-nya. Akhirnya aku yang terakhir lulus ya. Taklupa untuk kebersamaan yang diberikan ABMers: Kelana, Embun, Mas Koko tidak ada dalam kamus kita kata “mantan” asisten, kawan. Aku tahu kalian pasti selalu rindu akan ruang pojok itu.

The BEST (Bimbingan Elan Satriawan) atas dukungannya agar skripsi ini selesai tepat waktu, akhirnya aku yang paling buncit lulusnya. Terimakasih banyak Wisnu, Harri, Ridha dan mbak Riris yang mau mengajari IFLS dengan sabar. We are The BEST!

Apresiasi yang setinggi-tingginya kepada kepingan-kepingan pengalaman yang menjadi mozaik indah dari organisasi-organisasi hebat. Kala SMA beruntung bertemu teman-teman pembuka cakrawala di Teladan Science Club, pelepas stress di Scout Ambalan Sudirman serta ajaran ketekunan dan berdagang di Koperasi Siswa Teladan serta merasakan atsmosfer keshalihan dan celupan warna di KSAI Al-Uswah. Beranjak mahasiswa maka hadir KOPMA UGM dengan atmosfer entrepeneushipnya, Gama Cendikia bersama Pak Yusuf Maulana dengan pelatihan menulis yang manfaatnya tiada tara, Equlibrium yang mengasah kekritisan dalam menulis, pijakan belajar Ekonomi Islam dari Sharia Economics Forum, indahnya kekeluargaan di HIMIESPA, dan teman-teman dari Jamaah Mahasiswa Muslim Ekonomi yang membuatku harus bangun dan terus berlomba-lomba melakukan kebaikan.

Terimakasih kepada teman-teman FoSSEI yang selalu memberikan inspirasi untuk fastabiqul khairat: Ijul, Hatib, Ashbah, Muiz, Willy, Riza Rizky dan Zein. Jazakumullahu khairan atas berita-berita kejutan tengah malam dengan pengumuman di setiap lomba dari teman-teman dari Institut Pertanian Bogor, Universitas Diponegoro, Universitas Indonesia, Universitas Airlangga, Universitas Negeri Sebelas Maret dan Universitas Brawijaya yang membuka gerbang kesempatan untuk bertemu dengan berbagai mahasiswa ekonomi di tanah air. Di atas gunung ada gunung yang lebih tinggi kawan, dan kalian gunung yang lebih tinggi itu. Aku seolah menjadi debu jika bertemu mahasiswa-mahasiswa cerdas dari kampus-kampus besar negeri ini. Syukron, aku banyak belajar dari kalian.

Tim Bukan KKN Biasa: KKN Papua Sorong Selatan atas kebersamaan selama masa persiapan dan dua bulan di bumi cendrawasih yang semakin membuka mata bahwa negeri ini indah, sangat indah. Hingga saat inipun aku masih sering memimpikan sudut-sudut asrama di Teminabuan dan kumpulan kunang-kunang di Moswaren.

“Rumah Inspirasi” dan kontrakan paling absurd Jong Wiratama 3 yang selalu memunculkan ide-ide gila namun segar, diskusi yang mencerahkan dan kadang meredupkan (hehe), hingga dagelan dari setiap ngobrol jamaah. Ini nih kusebut satu-satu: Arip, Syarip, Lakso, Abas, Dani, Azmi, Imam, Bara, Aul, Sinyo, Zuhdi, Farid, Syaiful+Saevul, Mas Agus, Bang Fadhli, Mas Andi. Salam Saparatozz Blank!

Teman-teman terbaik yang sangat mendukungku Radityo Haryo Pamungkas atas sharing-nya, Neni Fidya Santi atas akses jurnal dan infonya yang melimpah, Resti Yulianti Sutrisno atas diskusinya tentang dunia kesehatan. Saudara-saudara di SEF dan JMME ada uda Angga, mas Dimas Hananto, mas Rovy, mas Barkah, Yoga, Lutpenk, Indari, Andrie, Subhan, Yolanda, Sari, Ria, Debi yuk mari berbagi berkah bersama Ekonomi Syariah. Bagi sahabat yang”berperang” demi Agustus Ceria bersama Sonny, Farsha, Icha, Prastowo congrats buat kalian semua. Dan buat adik-adik baik di kampus maupun SMA yang selalu memberi ilmu baru dengan diskusi dan canda tawa mereka. Maturnuwun nggih dik.

Ada insan-insan mulia yang mempunyai peran penting dalam karya ini, hanya saja keterbatasanku yang membuat tidak dapat menyebutkan satu-persatu. Jazakumullahu Khairan Ahsananul Jaza.

Jong Wiratama 3
Juli 2010

*secarik lembar persembahan skripsi, akhirnya bisa update note setelah sebelumnya note terakhir adalah note sebelum lulus ^^V*

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s