Sesekali saya posting tentang sekolah ya. Nggak cuman tentang jalan-jalan dan bersepeda 😁 Alhamdulillah, debut, artikel pertama saya (dari tiga paper di disertasi) sudah diterbitkan secara online di peer-reviewed journal yang bisa diakses melalui link berikut:https://academic.oup.com/…/10.1093/heapol/czab015/6291337

Proses dari ide hingga terbit menghabiskan waktu empat tahun. Pengalaman yang sangat berharga buat saya pribadi sebagai peneliti pemula. Makin berpikir bahwa apa yg saya tahu dan bisa belum ada apa-apanya. Artikel inipun pasti masih ada limitasi dan kekurangan. Panjangnya proses ini juga membuat saya empati pada siapapun PhD student yg sedang berjuang lulus. Yok bisa yok.

Tujuan saya posting ini untuk pertanggungjawaban dari amanah, karena saya dibiayai beasiswa dari pembayar pajak Indonesia melalui LPDP. Ini masih sepertiga jalan dan masih harus bekerja keras. Namun, ada baiknya juga saya share juga capaian-capaian kecil. Nyicil. Sebelum nantinya lulus. Jalan masih panjang. Doakan saya ya 💪

Artikel ini lahir dari kontribusi banyak pihak, terutama pembimbing yang sangat sabar 🙏 Istri sebagai pembaca pertama di awal-awal proses juga berjasa memberikan komentar bahasa Inggris saya yg kacau balau. Taklupa teman-teman peneliti lain yang memberikan masukan perbaikan draft. Saya juga banyak dibantu oleh Pusat KPMAK FKKMK UGM melalui Nuffic Project dan staf-staf BPJS-Kesehatan. Semoga artikel ini jadi awalan untuk karya-karya selanjutnya. Semangat-semangat 💪💪💪

Leave a comment