Student | Traveler | Economist

Tentang Pugo

Nama lengkap Pugo adalah Novat Pugo Sambodo, kemudian disingkat menjadi Pugo Sambodo dalam beberapa kesempatan dengan dua alasan: (1) agar lebih mudah diingat karena terdiri dua kata  dan (2) nantinya dipanggil Pugo daripada Novat. Hehehe. Pugo itu asli (m)Bantul. Pada tahun 2010, ia lulus dari program S1 jurusan Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada dengan predikat tidak cum-laude. 😛

Pugo kecil bersekolah di SD Negeri Nologaten Sleman, kemudian berseragam putih-biru di SLTP Negeri 5 Yogyakarta. Perjalanan akademik Pugo lalu berlabuh ke sekolah idaman: SMA Negeri 1 Teladan Yogyakarta. Setelah itu, ia meneruskan studi S1 ke kampus Bulaksumur. Pada masa kuliah, Pugo aktif berorganisasi di Shariah Economics Forum, Jamaah Mahasiswa Muslim Ekonomi dan Badan Pers Equilibrium pada tingkat fakultas. Kemudian Koperasi Kopma UGM dan Gama Cendekia di tingkat Universitas. Alhamdulillah, Pugo juga diberi kesempatan untuk bersilaturahmi dengan sesama aktivis Ekonomi Islam se-Indonesia di dalam wadah Forum Silaturahmi Studi Ekonomi Islam (FoSSEI). Pada organisasi tersebut ia aktif pada beberapa kegiatan di antaranya pernah terpilih menjadi koordinator penulis Buku Panduan Manajemen Kelompok Studi Ekonomi Islam di Indonesia.

Pugo juga cukup intens mengikuti berbagai forum ilmiah dengan berpartisipasi dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah ataupun Call for Paper di beberapa Universitas seperti Universitas Indonesia, Universitas Airlangga, Universitas Brawijaya, Universitas Sebelas Maret Surakarta, Universitas Diponegoro dan Institut Pertanian Bogor. Tulisan tersebut ditulis bersama dengan rekan-rekan sesama mahasiswa dengan topic ekonomi namun lebih fokus tentang Ekonomi Islam dan Ekonomi Kemiskinan. Skripsi yang ditulis oleh Pugo juga mengupas seluk beluk perilaku kemiskinan.

Menulis bebas adalah salah satu kegemarannya, bisa melalui blog atau notes di facebook. Hobi lainnya diantaranya bermain sepakbola, futsal dan badminton. Hobi lain yang takkalah dominan adalah jalan-jalan a.k.a. traveling. Bagi Pugo traveling adalah sarana pendewasaan bagi seorang manusia untuk melihat ciptaan Sang Khalik dan mentadaburinya. Salah satu obsesinya adalah dapat mengunjungi semua benua yang ada di dunia ini dan nantinya membuat catatan perjalanan.

Setelah lulus dari kampus bulaksumur Pugo, berkesempatan menimba pengalaman di Kantor Sekretariat Wakil Presiden Republik Indonesia sebagai tenaga diperbantukan pada Staf Khusus Wakil Presiden dan facebookan berkantor di Kantor Wakil Presiden. Dari tempat itulah Pugo belajar banyak dan memahami bahwa mempunyai pemahaman yang lebih akan teori akan membantu dalam menyelesaikan masalah ekonomi di Indonesia. Di tengah pencarian tersebut Pugo mendapat kesempatan besar sebagai asisten Peneliti pada Pusat Studi Ekonomi dan Kebijakan Publik UGM (PSEKP, UGM), salah satu leading Research Centre di Indonesia. Pada saat bersamaan Pugo aktif berkegiatan di Laboratorium Ekonomika dan Bisnis Islam [Syariah Centre] P2EB FEB UGM. Sebelum berangkat menjalani studi S2 nyangkut menimba pengalaman sebagai Research Assistant di Tim Nasional Percepatan Penanggulanan Kemiskinan (TNP2K) selama 5 bulan, sebenarnya itu pekerjaan impiannya setelah lulus. Saat ini Pugo sedang menjalankan amanah menjadi Mahasiswa (Hidup Mahasiswa! :D) di program Master of International and Development Economics Australian National University (MIDEC, ANU), dengan skema beasiswa Australian Development Scholarship (ADS, 2011) sekarang namanya Australian Award Scholarship. CV Pugo bisa dilihat  disini:D.

Pugo termasuk laki-laki yang beruntung. Ia akhirnya bisa menikah dengan dara manis bernama Sari Setianingsih, yang biasa dipanggil Sari, pada medio Januari 2012 yang lalu. Pugo bisa dikontak melalui email: pugosambodo(at)gmail(dot)com, bisa di-add melalui facebook: https://www.facebook.com/pugosambodo ataupun di follow twitter: @pugosambodo.

Kontak:
Alamat Rumah:
Karang Bendo, Jl. Sukun Gang Celung no. 5 RT06/RW03
Banguntapan, Bantul, D.I.Yogyakarta, Indonesia

Alamat Kantor:
Laboratorium Ekonomika dan Bisnis Islam FEB UGM
Gedung Sayap Selatan, Jl. Sosio Humaniora No.01, Bulaksumur, Yogyakarta 55281, Indonesia

Advertisements

It seems we can’t find what you’re looking for. Perhaps searching can help.